MGV8NaN6LGtcNWV8NWJ6LGB6NSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

Candi Tridharma Cipanas, Udara dan Alam Pedesaan

Bagi masyarakat yang tinggal di wilayah Cianjur utara pasti sudah mengenal bahkan mengunjungi situs wisata ini, ya adalah candi Tridharma namanya yang berada di desa Sukatani Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur dengan kode pos 43253.

Menurut catatan masyarakat menyebut bahwa pembangunan candi ini pada tahun 2000, beberapa sumber menyebut bahwa pembuatan bangunan ini digunakan sebagai sarana ibadah umat Budha atau Vihara. Karena masyarakat sekitar menolak untuk ini, maka proses pembangunan terpaksa dihentikan.

Namun ada juga sumber menyebut dari ulasan komentar pada laman https://ridwanderful.com/2017/01/31/candi-tridharma-cianjur-satu-satunya-candi-yang-ada-di-cianjur/, isi komentar disampaikan oleh Sopandi, S.Pd.I yang isinya sebagai berikut:

Nama : SOPANDI, S.Pd.I
Tanggal : Mei 12, 2017 Pukul 9:01 am

"Saya luruskan bahwa candi tersebut sebetulnya dibangun bukan untuk candi, sejak awal perencanaan pembangunan itu diperuntukan untuk gedung pertemuan, di bestek dan permohonan tidak ada yang namanya pemasangan stupa sebagai simbol sebuah candi.

Hanya si pemilik bangunan meneyelahi dari aturan perijinan dan gambar awal. ketika melihat hasil pembangunan yang memakai stupa, masyarakat sekitar bereaksi dan menyetop pembangunan bangunan tersebut dan namanya juga bukan Tri Dharma, sebab ada bangunan Bumi Tri Dharma di sebelah timur bangunan tersebut, itupun bukan pura ataupun vihara, hanya merupakan gedung pertemuan bagi para Umat Hindu di wilayah Cianjur di bawah naungan Yayasan Tri Dharma.

Sedangkan lokasi “candi” dulunya adalah sebuah villa peristirahatan dengan nama Devi’s, sehingga orang menyebutnya banguna eks Devi’s saja. adapun jadi sebutan candi, setelah ramai – ramai orang berselfi-ria aja menyebutnya “candi”.

Akan tetapi saya lebih condong pada versi kedua ini,, yang jelas apapun versinya lokasi ini masih handal dijadikan sebagai situs pariwisata karena banyak traveler mengenal dan mengunjungi objek wisata ini.

Lokasinya yang berada dibawah telapak kaki Gunung Gede Pangrango dan masuk wilayah aktif berupa perkebunan sayur menjadikan objek wisata hits ini terasa sangat segar, dingin asri dan indah dari semua sudut.

Jika anda hendak mengunjungi lokasi ini, harap menggunakan pakaian rapi terutama bagi kaum hawa untuk menutup aurat (budayakan jadi muslimah traveler). Akses ke lokasi juga sangat mudah, paling hanya 30 meter dari sisi jalan desa Sukatani.
Share This Article :
Dadan Rusdan
5153379810150479670